Wanita Muda 30-an di Medan Kena Gagal Ginjal Kronis, Alami Gejala Tak Biasa

Wanita Umur 30thn Ini Terkena Gagal Ginjal 

 Suaritoto - Belakangan viral wanita di Medan, Veronika Sidabutar (30) mengidap gagal ginjal kronis meski cukup selektif perihal konsumsi makanan dan minuman. Sempat diduga terkena penyakit lambung, pasca diperiksa ternyata fungsi ginjalnya tersisa 20 persen.


"Jadi untuk pola makan, saya milih-milih. Saya nggak suka junk food apalagi kayak daging, saya memang agak susah makan daging termasuk daging ayam. Untuk minuman bersoda ataupun manis saya juga nggak suka," Sabtu (25/11/2023).



Vero juga mengaku mencukupi kebutuhan cairannya setiap hari dengan meminum air putih minimal satu liter, tetapi kebiasaan buruk yang tidak lepas darinya adalah begadang dan asal mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri.



Baca Juga : Bakal Nikah di Bali, Rumah BCL dan Tiko Wardhana Ternyata Sebelahan



Gejala Awal yang Dikeluhkan


Pada April 2022, gejala awal berupa kenaikan berat badan hingga mata bengkak mulai dikeluhkan Vero. Namun, ia sama sekali tidak curiga dengan kondisi tersebut. Barulah di bulan ke-enam pada tahun yang sama, Vero mengalami gejala lain yang tidak biasa.


"Mendekati masuk rumah sakit itu gejalanya cegukan dua hari, itu nggak berhenti kecuali kalau mau tidur," katanya.


Gejala tersebut diperparah dengan mual muntah yang dialaminya setiap kali mulai cegukan, bahkan ketika dirinya hanya minum air putih. Kondisi tersebut terus berlanjut hingga Vero mengeluarkan darah yang diduga karena organ dalam yang terluka. Selain itu, wanita ini juga mengalami memar biru keunguan di bagian kakinya.


"Gantian dia misalnya di paha ada satu di betis dua, kanan kiri gitu. Itu 2 minggu baru hilang, jadi nanti menghitam dia, sebelum hilang menghitam. Nah habis itu sudah menghitam, langsung muncul lagi yang baru gitu, " jelas Vero.




Kondisi Terkini


Setelah dinyatakan mengalami gagal ginjal kronis, saat ini Vero menjalani cuci darah secara teratur dua kali seminggu. Ia juga tengah menunggu operasi transplantasi atau cangkok ginjal untuk mengatasi kondisinya.


"Kemudian aku cuci darah ini makanannya itu yang tinggi garam itu harus dihindari. Tinggi garam kemudian daging olahan, kemudian itu daging merah, makanan instan lah junk food," kata Vero.


Bukan hanya menghindari beberapa makanan, minuman manis seperti minuman bersoda dan minuman berwarna juga pantang dikonsumsi.


"Sebenarnya untuk cuci darah ini dokter saya bilang kebutuhannya sudah saya kayak orang-orang normal ya. Karena sudah dibantu dengan mesin cuci darah ini, jadi nggak perlu diet-diet lagi karena kalau misalnya diet makan, jadi kayak susah menaikkan Hb," ungkapnya.


"Tapi kami sudah dibatasi semuanya, makanlah sebagaimana porsinya," tambahnya lagi.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama