Viral Lautan Pasir Bromo Banjir, Motor Sampai Terjebak

 

Lautan Pasir Bromo Banjir Usai Diguyur Hujan Deras

Suaritoto - Lautan Pasir Bromo yang banjir usai diguyur hujan deras. Motor warga sampai terjebak.



Hujan deras yang mengguyur kawasan Gunung Bromo menyebabkan banjir di lautan pasir. Sejumlah motor warga terjebak banjir itu, namun sebagian lain memilih menunggu banjir surut karena ketinggian air ternyata cukup tinggi.


Peristiwa itu terekam dalam sebuah video yang viral beredar di sejumlah grup aplikasi percakapan dan dibagikan berkali-kali oleh warga. Video itu menunjukkan bagaimana sejumlah orang yang diduga warga di kawasan lautan pasir Bromo membantu pemotor yang sedang terjebak banjir


Banjir tersebut diketahui terjadi di lautan pasir Bromo, tepatnya di kawasan Bukit Dingklik, Desa Wonokitri, Tosari, Pasuruan. Banjir bermula saat hujan deras yang mengguyur kawasan itu sejak pukul 11.00 WIB.








Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, terlihat ketinggian banjir mencapai betis orang dewasa. Pasir berpadu air dengan aliran yang cukup deras terlihat menyulitkan warga yang mengendarai sepeda motor.


"Hujan deras, air dari Gunung Widodaren turun ke lautan pasir, lewat situ, tepat sebelum naik ke Penanjakan dari arah lautan pasir," kata tokoh masyarakat Tengger, Tosari, Widian Dharma Singgih, Selasa (9/1/2024).



Singgih menjelaskan lokasi banjir merupakan jalur air. Setiap hujan deras, air dari atas memang melewati jalur tersebut.


"Tapi tidak lama. Hujan berhenti, beberapa saat kemudian surut," jelasnya.



Singgih mengungkapkan bahwa sejumlah pemotor yang nekat menerobos banjir itu memang sempat terjebak. Namun sebagian besar rela menunggu banjir surut.


"Warga yang pulang dari ladang. Sebagian lagi warga Brang Wetan dan Brang Kulon yang memang setiap hari melintas," jelas Singgih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama